MONUMEN KESAKTIAN PANCASILA

A. Latar Belakang Pada tanggal 18 Oktober 2011 siswa dan siswi SDI Cikal Harapan-1 BSD, akan melaksanakan kegiatan pembelajaran ke luar di Monumen Kesaktian Pancasila. Tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut untuk menjelaskan pentingnya keutuhan NKRI dan menu makanan sehat gizi seimbang dari makanan rumah. Monumen Kesaktian Pancasila adalah salah satu tempat peninggalan bersejarah di Indonesia. Di Monumen Kesaktian Pancasila terdapat beberapa rumah G.30.S/PKI, dimana di rumah itu terjadi peristiwa pembunuhan para jendral-jendral indonesia. Pada pembelajaran kali ini, kita akan menjelaskan tentang peristiwa yang membunuh beberapa pahlawan Indonesia. Di Monumen Kesaktian Pancasila, kita juga akan melihat diorama terjadinya peristiwa G.30.S/PKI dan juga kita dapat menonton film-nya.

B. Hasil Penelitian Pada pukul 08.30 para siswa dan siswi SDI Cikal Harapan-I BSD sampai di Monumen Kesaktian Pancasila, Halim Perdana Kusumah Jakarta. Pertama kami mendengar cerita tentang peristiwa terjadinya pembunuhan 7 Jendral. Setelah itu kami melihat diorama penyiksaan para korban yang masih dalam keadaan hidup yaitu Mayor Jendral TNI R. Soeprapto, Mayor Jendral TNI S. Parman, Brigjen TNI Soetojo Siswimihardjo dan Lettu Czi Pierre Andries Tendean. Lalu kami melihat rumah pos komando, rumah penyiksaan dan dapur umum eks. G.30.S/PKI. Setelah itu kami melihat Cungkup Sumur Tua atau Sumut Maut. Disana ada seorang guide yang menjelaskan tentang tragedi terjadinya peristiwa 7 jendral yang dimasukan ke Sumur Maut sampai mereka dikubur di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Setelah melihat Sumur Maut atau Lubang Buaya, kami menuju “Museum Penghianatan PKI ( KOMUNIS )” lalu melihat diorama Peristiwa 3 Daerah pada tanggal 4 November 1945 sampai dengan dilantiknya Jendral TNI Soeharto sebagai pejabat presiden RI pada tanggal 12 Maret 1967. Setelah mengetahui diorama G.30.S/PKI kami menuju ruangan relief yang didalamnya terdapat, sepeda jaman dulu dan beberapa baju para jendral pada saat mereka dimasukan ke dalam Sumur Maut. Setelah itu kami memasuki ruang teater yang berada didepan ruangan relief. Setelah mendapat tempat duduk, film-pun dimulai dan kami semua termasuk para guru-guru menonton film G.30.S/PKI selama kurang-lebih 30 menit. Selesai menonton film G.30.S/PKI kami semua segera menuju bis dan segera pulang menuju sekolah, sekitar pukul 10.45 WIB.

C. Kesimpulan Indonesia bisa merdeka seperti ini atas jasa para pahlawan revolusi Indonesia. Mereka berjuang dengan semangat tinggi untuk me-merdekakan Indonesia. Oleh karna itu, kita sebagai penerus bangsa harus bisa menjaga keutuhan bangsa kita, yaitu Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, kita harus membuat Indonesia bangga dengan apa yang kita miliki.

2 Tanggapan

  1. BOHONG LUH

  2. KONTOL INDONESIA GK ADA APA APA NYA MALAYSIA DONG BAGUS TAPI TETAP KAYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: